Wednesday 4 March 2015

Tips Agar Terhindar Dari Product FAKE!

Kali ini aku akan kasih tips - tips untuk kamu supaya terhindar dari product fake!
karena aku juga konsumen dan sekaligus penjual product kosmetik import, wich is aku sangat tau gimana cara membedakan barang fake atau bukan!

Mudah - mudahkan tips berikut ini bisa membantu kamu semua yang ga ingin terjebak saat berbelanja product cosmetic branded di online shop, sekalipun onlineshop itu terkenal dan sudah banyak testimonialnya!!! Hati - hati, karena bisa saja onlineshop tersebut menjual barang fake yang dibilang asli ke para calon pembeli atau endorse artisnya. Sudah pernah aku review sebelumnya tentang barang FAKE vs ORI.

Okeh, aku ceritakan pengalaman aku baru - baru ini membeli product The POREfessional dari Benefit. Aku membelinya disalah satu event bazaar dan salah satu standnya menjual product cosmetic branded, kebetulan onlineshop ku Solagracia Project juga membuka stand di bazaar itu. Tadinya aku sempat agak was - was, takutnya itu barang fake, tapi ternyata setelah aku pegang dan melihat langsung barangnya aku tau ITS NOT FAKE, ITS ORI!






Well, kemarin itu pas banget aku nyari Benefit yang ukuran kecil, dan aku kira di Jakarta tidak menjual ukuran tersebut, *i almost have no free time since i worked in official company, so sad. Jadi saat itu belinya terburu - buru juga, alhasil saat aku punya waktu dan kesempatan buat ke Plaza Indonesia, aku ngerasa rugi. WHY!? karena harga yang aku beli lebih mahal IDR 100. Buttttttt!!! gapapa, dari situ aku belajar dan sadar akan sesuatu. maka dari itu kali ini aku akan share gimana caranya bedain product fake and ori.





Caranya, saat kamu ingin berbelanja di online shop, sekalipun itu adalah onlineshop terkenal and trusted bangeeetttt kamu harus tetap berhati - hati. 

RULE NUMBER 1

Well, sebelum kamu membeli, kamu harus tau dulu product yang akan kamu beli. Misalnya product Benefit, kamu harus tau product ini  sebenarnya asalnya dari mana? karena itu akan menentukan langkah selanjutnya saat kamu akan membeli dionlineshop kepercayaan kamu.


RULE NUMBER 2

Saat kamu sudah tau aslinya product yang akan kamu beli itu asalnya dari mana, kamu harus tanya dan kamu BERHAK untuk bertanya kepada onlineshop yang menjual product tersebut, dia ambil barangnya dari mana? atau dia mengimport barang tersebut dari mana?
Jika misalkan, onlineshop tersebut mengatakan dia ambil barang dari Singapore / Indonesia / Malaysia, intinya dari negara yang BUKAN asli asal product. Kamu juga berhak minta detail productnya, apa lagi product yang kamu beli itu harganya mahal! ga mau kan menyesal setelah membeli. Jadi, yang perlu diperhatikan adalah minta foto asli productnya, terus yang TERPENTING adalah minta detail keterangan importnya. seperti gambar dibawah ini, maaf agak blur, sengaja karena biar detail tulisannya ga dijiplak. Disticker itu yang jelas ada tertera nama perusahaan alamat, tanggal pembuatan dan kode uniknya. Kali ini product yang aku beli adalah import dari Singapore, so karena aku sering ke Singapore dan aku sering pesan barang di Singapore, jadi aku tau jenis tulisan alamat di Singapore seperti apa, dan jenis nama perusahaan di Singapore seperti apa. Misalkan kalau di Indonesia biasanya perusahaan itu ada tulisan PT . (nama perusahaan) atau CV. (nama perusahaan).







RULE NUMBER 3

Gak ada barang import yang murah! atau yang harganya dibawah harga outlet hanya beda - beda tipis.
Kamu harus bisa bedain, onlineshop yang langsung ambil dari distributor resmi atau onlineshop yang ngambil di outlet resmi. Dan seperti yang sudah pernah aku ceritain di blog sebelumnya, bahwa brand yang termasuk 'brand mendunia' seperti Benefit, Mac, Urban Decay, Too Faced, etc. Tidak menjual kepada para reseller kecil. Mereka hanya menjual kepada pemodal besar atau yang ingin membuka outlet resminya. So, pastikan harga yang dijual itu sesuai/masuk akal dengan kurs dinegara kita. Misalkan di Singapore jual dengan harga IDR 300.000 (sudah di ubah ke Rupiah) saat product itu datang ke Indonesia dijual dengan harga IDR 350.000 (hitung ongkos penginapan, makan, transportasi, dll), belum lagi yang bermasalah dengan beacukai, karena membawa barang import yang jumlahnya lebih dari batas maksimal. Yahhh sekiranya bisa dirasa - rasa harga itu terjangkau / wajar baru deh bisa putuskan untuk membeli.

Contoh Lipbalm Eos di USA kalau kita pesan online di rupiahin hanya IDR 40.000,sekalinya masuk ke Indonesia harganya berkisar IDR 80.000 - IDR 100.000 bedanya jauh sekali bukan?!

Seperti Benefit yang aku beli ini, saat itu dibandrol dengan harga IDR 225.000 product itu import Singapore dan ternyata harga di counter aku cek di Plaza Indonesia harganya about Seratus sekian ribu *aku lupa tepatnya berapa ratus.





Big Easy ini aku beli di Plaza Indonesia dan seperti yang aku bilang pasti ada sticker identik yang menunjukkan kalau barang ini adalah import, dan bukan barang asli buatan Indonesia.




ada dua sticker di boxnya, yang mendeskripsikan Exp. product tersebut dan nama perusahaan Indonesia yang menginportir product Benefit ini ke Indonesia. 




Untuk di beberapa product tertentu yang dijual di Indonesia seperti product kesehatan atau perawatan biasanya beberapa ada tertera nomor POMnya. 





RULE NUMBER 4

Ini, hanya bisa kamu buktikan setelah kamu sudah membeli, ketika barangnya sudah sampai dan sudah ditangan kamu, kamu bisa langsung segera melihat kualitas packagingnya. Product yang asli packagingnya sangat kompleks, detail, kadang sampai ada buku kecil panduannya segala. 



Seperti bedak Hello Flawless yang aku beli di Singapore ini, seingat aku pas waktu itu harganya kalau di rupiahin around IDR 500.



Sama, selalu ada sticker dimana menjunjukkan identitas si perusahaan yang mengimport product tersebut.