Monday 13 July 2015

Skin Care For Acne in Indonesia



Krim Dr. Kun Jayanata


Hi Girls...Glad to blog again...^^ after super tired weekend, now i would like to review about skin care for Acne skin. 

For Your Information ... my skin soooo sensitive, thats why i really really really care with it. Beside i love to makeup almost everyday, i really get stress when the pimples start came out.

Well, the story are... aku dari dulu tuh memang hobby banget jerawatan, sering banget aku spoiler di review2 ku sebelumnya kalau skin aku ini sangat rentan dengan jerawat. So, soooo much skin care dari yang Dokter sampai yang tradisional, udah aku coba...some works and some NOT AT ALL! 

Well, singkat cerita semenjak remaja sampai akhirnya aku kuliah...akhirnya tambatan terakhir ku adalah ke Dokter Kun Jayanata. Well, ga usah diragukan lagi dokter ini sudah buanyaaakkk banget dibahas reviewnya oleh blogger lainnya. yang jelas INTINYA Dokter ini emang TOP BGT kalau soal menangani jerawat! --- kalau yang lain aku kurang tau, tapi kalau soal jerawat --- ga perlu diragukan lagi. 

Perawatannya ga perlu ribet - ribet hanya dikasi obat minumnya yang beneran ampuh , yang katanya terkenal dan import from USA , dan dapat dua krim , pagi - dan malam. Dan jerawat2 pun sirna setelah 2-3 bulan..langsung kelihatan perubahannya...bulan berikutnya pastinya jerawatku udah langsung ilang, paling hanya tumbuh pas mau datang bulan. Perawatan jerawat itu yang jelas harus super sabar - bar - bar ... yang jelas harus memberi hasil...seenggaknya saat krimnya udah mau habis dipakai, sudah terlihat perubahannya. Jangan sampaiiii...




Ceritanya aku udah 3 tahun ga gunakan krim dari Dr. Kun lagi, karena sudah benar2 sembuh, kalaupun ada tumbuh, itu hanya satu-satu saja. Dan saat dipakai krim totol jerawatnya 2 hari kemudian udah sembuh. Tapi ternyata, tiba - tiba aja aku kena alergi protein, bentol - bentol tumbuh dimana - mana, sampai ke muka dalam bentuk benjolan mirip jerawat, cuma kalau ini ada kepala putih - putihnya yang seakan - akan mau meletus. 2 minggu aku sabar menunggu hanya memakai krim totol jerawatnya tapi ga begitu ngaruh * mungkin itu karena jerawat alergi kali ya. akhirnya memang harus benar - benar menunggu sampai hampir sebulan, setelah sembuh dari alergi , mukanya pun juga pelan - pelan bersih dari jerawat, tapi sayangnya ga bertahan lama. Beberapa lama setelah sembuh mulai tumbuh jerawat beneran di pipi .. walaupun tumbuh 1/2 tapi sangat mengganggu, lagi - lagi harus sabar selama 2 bulanan aku memakai resep krim ku dari dokter kun. tapi tidak membawakan hasil yang berarti *mungkin karena abis alergi itu jadinya agak berubah kali yaaa... niat mau pergi konsul pun aku redam...karena rasa malas dan capeknya mengantri di Dr. Kun akhirnya aku search - search di Instagram, ada satu skin care yang terkenal banget. Aku tau skin care ini sebenarnya udah lama pas jamannya skin care ini belum terkenal. Ternyata sekarang udah heboh dimana - mana, sampai beberapa artis juga pakai, harganya juga sangat terjangkau. nah berdasarkan hasil stalker selama seminggu lebih, akhirnya aku memutuskan untuk memakai skin care ini. Namanya skin care Airin Beauty, yang lokasinya ada di Bandung. Untungnya sama dokter ini bisa konsul by chat, walaupun chatnya dibales super lama, yang jelas aku bisa transaksi dan merasakan sensasi obatnya itu, seberapa bagus siiii.....


Airin Beauty Care

Well, mau tau sensasinya gimana ??? Mau Tau ?
"Its Not really that Good At All"
Yes, sorry to say... ternyata cocok - cocokan, seminggu memakai krim ini sih, lumayan senang karena pori - pori jadi agak mengecil, ga ada komedo, serta lebih cerah, dan kulit menjadi halus, seperti kulit kita di repairing lagi. tapi seminggu memakai ini, mulai muncul satu satu pimplesnya, Dua minggu kemudian JEBRET! jerawat bener - bener kaya nyerbu permukaan kulit ku dimana - mana...arrrgggghhh....3 hari aku bersabar. akhirnya I CANT.... aku konsul lagi ke admin 1 yang dibandung, alhasil aku pun rada kurang puas dengan responnya, karena hanya memberi tahuku untuk bertahan karena *mungkin lagi proses purging. Pas aku browsing apa itu purging, ternyata purging itu adalah proses dimana jerawat pada bermunculan disebabkan oleh sel kulit mati / cikal bakal jerawat yang belum nongol! dikarenakan kulit itu lagi mengalami proses pembersihan. TAPIIIII selain purging ada juga istilah breakout, dimana yang intinya kulit itu ga cocok memakai skin care alhasil jerawatnya juga nongol, susah bedain antara proses purging dan breakout, yang jelas kalau selama jangja waktu tertentu ga sembuh - sembuh juga berarti itu breakout ....CUMAAAA...udah kepalang tumbuh dimana - mana, trs kalaupun sembuh bakalan susah buat ngilangin bekas jerawatnya.

So akhirnya aku putuskan untuk konsul ke cabang yang di Jakarta, dan jawabannya pun juga sama, karena masi belum puas dan udah parno banget, karena dari sekian lama berpengalaman menghadapi masalah jerawat - GAK pernah sampai segininya. Akhirnya aku komen di IG Shopnya dan IG ownernya, sudah komen di 2 IG itu baru dapet balesan untuk konsul ke nomer yang di sarankan. Akhirnya aku whatapp nomer itu, aku rada komplen, dan menanya secara detail. Akhirnya dapat penjelasan yang jelas. Aku disuruh berhenti untuk memakai krim Vit. C nya itu, dikarenakan kemungkinan ga cocok di krim yang itu. jadi hanya pakai sunblock dan serum acnenya saja.

Seminggu lebih aku mencoba  apa yang disarankan, ternyata benar, jerawatnya membaik sedikit - demi sedikit. Tapiii...mukaku jadinya kusam dan lecek, apalagi menjelang sore. Alhasil BACK TO BASIC. aku stop pakai sunblocknya karena its doesn't work for me. Akupun akhirnya memakai krim Serum Garnier WHITE SPEED



Terlihat perubahan, walaupun masih belum total seperti Dr. Kun.
Malamnya aku masih memakai Serum Acnenya, bcuz sedikit banyak lumayan ngaruh untuk menyembuhkan jerawat ku, cuci muka ku pakai dari Aloe Vera by Holika Holika, karena sabun cuci muka tea tree nya sudah habis dan aku juga ga berniat untuk continue lagi jadinya sementara aku habiskan dulu yang ada. Terus paginya aku memakai spray Avian Facial Spray terlebih dahulu, agar lebih menyerap saat muka ku setengah lembab, aku memakai krim Garniernya tanpa memakai bedak. hampir seminggu aku rutin memakai perawatan ku alhasil muka ku yang tadinya super banyak jerawat dan bekas jerawat pun mulai hilang pelan - pelan. ^^



Beriku ini adalah preview before and afternya aku setelah penyembuhan alergi dan setelah memakai skin care from Airin .


Before
After
Terlihat perbandingan yang super jelas gimana jenis jerawat yang tumbuh sebelum dan sesudahnya, dan selama dua mingguan aku bertahan dengan muka yang seperti ini. 




Before
After


Kesimpulannya, sampai saat ini aku belum pernah mendengat review Dr. Kun yang menyatakan ketidakcocokan dalam memakai produk dari dia. Memang JAGO banget kalau soal jerawat, tidak ada tandingannya. Yang jelas Dr. Kun ini ga ribet, terutama sangat efisien bagi yang punya kebiasaan malas untuk bangun dari tempat tidur dan cuci muka saat mau tidur. 

Dan Airin Skin Care ini ternyata gak seheboh komentar yang ada di testimonialnya, ternyata ada juga yang ga cocok memakai skin care ini seperti saya, alhasil kulit wajah saya jadi back to basic lagi. Positif nya dari krim Airin ini, terbukti mengecilkan pori - pori, kulit seakan - akan di reparasi alhasil permukaan menjadi lembut seperti bayi, terhindar dari komedo, kulit muka mulus tidak bergerigi yang disebabkan oleh komedo, but still, not really that good kalau urusan acne. Huft Sorry.


Kalau dalam 2 bulanan ini wajah ku gak total juga sembuhnya, okeyyy...sepertinya aku harus punya ekstra efford untuk mengantri ke Dr. Kun.

25 comments:

vida said...

suka baca review sissy jujur sekalee. saya lg coba salah satu produk yg sissy pake juga. ga tau cocok apa ngga soalnya baru 4 hari. tp sejauh ini cocok. duh jadi rada takut. emg susah bedain mana purging mana breakout. smangat sissy semoga wajahnya membaik ^_^

Farah Saufika said...

Thankyou so much udah baca2 blog ku....
so kelanjutannya...sampai saat ini wajah ku super baik...terakhir aku ke dr.kun tapi tetap!!! ga dapat antriannya...wich is aku gagal ngantri..dan akhirnya aku beli lagi krim dr.kun dg memakai resep awal pas pertama kali aku konsul...kebetulan memang aku orngnya detail jadi aku tau betul fungsi2 dari krim yang aku pakai...alhasil sudah setengah botol krimnya dan aku BEBAS dari jerawat...

oh iya, aku juga bantu pakai masker tradisional...masker bubuk kayu manis + putih telur...its so PAIN! but ot works...*tp hati2 sebab dd ku pakai masker ini mukanya membengkak dan memerah..so saranku sebelum pakai kamu coba sdkt dlu for makesure itu gatel or radang atau ga dikulit km...atau kamu bisa pakainya di totolin doang di jerawatnya.
*rasa saat pakai masker itu wajah memang berasa super perih dan rada panas/hanget..aku sampai mau nangis rasanya..tp aku tahanin...sampai kering..lalu bilas..tanpa memakai sabun *hanya bilas dg air bersih saja - itu sudah cukup.

semoga bisa membantu. ^^

Silviana andriany said...

sista,konsumsi obat minum nya dokter kun selama berapa bulan? itu bener2 paten hilang jerawat nya?

Farah Saufika said...

Hallo Silviana...
aku mengikuti anjurannya selama 8 bulan...iya sista memang WORTHED BGT untuk mengantri soalnya hasilnya memang nyata! ^^...tapi saat aku alergi itu aku sempat mengonsumsi lagi ...aku beli 1 botol...tapi aku ga sering konsumsinya...soalnya itu tidak base on konsultasi...walaupun rada2 ngeri dengan cerita2 yang beredar...tp sejauh aku research sih ga sampai sengeri itu kok...soalnya memang itu bnrn ga dianjurkan mnum atau perawatan dg obat itu saat kamu mau merit or mau dung! alias pas lagi mau punya baby...sebab itu memang bikin kering si..makanya aku pernah tanya dokternya kalau misalnya mau merid perawatannya gmna? dan dokternyta bilang klu mau merid selambat2nya ya 8 bulan sblmnya harus sudah mulai perawatan ^^..sebab sangat tidak dianjurkan mengonsumsi obat itu saat mau dkt2 merid..*begitu kira2 ceritanya

Dian's Diary said...

Boleh kasih detail harga perawatan di dr.Kun sissy?? Karna aku juga jerawatan, dan tertarik ke dr. Kun tp takut sm biaya nya>< Thanks before :)))

Farah Saufika said...

Hiii...untuk harganya sendiri bagi ku terjangkau siii dari yang sudah-sudah pernah kau coba. Terakhir sihh sekitar about 1 tahun yang lalu *karena beberapa bulan yang lalu, aku mau kontrol tapi ga dapet nomor antriannya jadi ga tau ada update harga atau ga...jadi terakhir konsul saja dengan dokternya selama *bisa cuma 5 menitan duang harganya 200rbu...untuk obat minumnya 200rbu..dan krim2nya paling around 40-50an ribu/pot jadi mungkin kira2 kamu bisa prepare 800an sih..bisa less or more..tergantung berapa macam dear ^^

Puti Adrian said...

Maksudnya efisien buat yg males turun tmpt tdur sblum tdur apa yah? Kan smuanya tetep harus cuci muka sblum bobo..dr kun ga pernah blg gapapa sih hehe. Trus dia jg ga nyaranin pakai tea tree, jd jgn pake nanti tambah radang. Sekarang udah pake dr kun lagi blum? Gmn hasilnya? Sembuh total gak? Thank you

Farah Saufika said...

aku ga bilang dokter kunnya yang bilang gpp, tp itu mksdnya pengalaman ku/ kebiasaan aku aj dear

jadi aku itu pnya kebiasaan males cuci muka, apalagi klu pas mau tidur dan udah bertengger duluan di tmpt tdr - males ke wc, nah biasanya kalau ga cuci muka besokny aku bisa nimbul jerawat *oya aku juga tipe org yang krg telaten sih sebenarnya untuk urusan perawatan, kalau lagi rajin ya rajin - klu dtg malesnya juga bisa ga peduli...nah pas aku perawtan dr.kun ini - even aku malas pun , jerawatnya ga numbuh, biasanyakan kalau kita ga rutin jrwat bisa numbuh dan hrs ketergantungan pakai krim biar ga numbuh lagi, nah ini gak ketergantungan sm sekali selama 3 tahun fix aku udh ga perawatan --- hanya saja semenjak alergi jadinya sering muncul jerawat kecil tp ga separah yang dl.


kalau ga salah udah pernah dibahas dikomen atau di artikel...jadi semenjak aku gagal ngantri aku hanya pakai krimnya saja dan semenjak itu berkurang, aku juga pakai masker tradisional kayu manis + putih telur untu mempercepat sembuhnya si alergi dan breakout krn ga cocok pakai krim dari airin. Sampai skrg krn udah abis krim Dr.kun aku ga continue lagi pakai, cuma pakai pelembab biasa / BB cream. dan muka ku udah sembuh dari jerawat..paling tumbuh jerawat saat mau datang tamu saja. gitu.

Unknown said...

Kak boleh Nanya2 , kebetulan q juga punya masalah jerawat yang rada serius udah hampir 2 tahun. Jenis jerawatnya besar2 merah dan kalau lama2 ada keluar nanah . Udah ke dokter katanya pengaruh hormon . Tapi pas Pake krim dan sabun nya muka rasanya makin tipis dan muncul jerawat kecil di jidat , jadi saya hentikan pemakaian . Sekarang coba la tulip karena kata beberapa teman bagus . Tapi masih belum yakin karena sekarang jerawat saya nimbul lagi besar2 .bingung mau Pake suplemen yang mana ,, banyak sekali suplemen untuk kulit yang di jual , ada yang sarankan pakai Himalaya juga

Farah Saufika said...

Kalau menurut aku sih jangan coba2 produk dulu dear, sebab blm tentu orang cocok trs kita juga cocok, krn setiap sikon kulit pasti beda, syukur kalau coba2 cocok tapi klu ga yang ada makin tambah parah. Kebeneran memang aku punya masalah jerawat semenjak SMP dan semenjak itu juga aku coba segala macam perawatan. klu urusan coba2 sih biasanya hanya aku lakukan pd produk makeup, tapi kalau skin care? i dont think so sihh apalagi utk mslh jerawat..biasanya aku coba2 itu hanya utk perawatan tradisional krn pasti aman...dampaknya dr tradisional itu paling kalau tidak ngefek atau ga ya sembuh...super jarang bgt yang malah bkn tambah parah..so far pengalaman aku sih ga pernah....lalu aku lbh prefer lgsung ke dokter...dan BUANYAKKKKK BGT!!! dokter yang udah aku coba.... dan kesimpulan aku sih semuanya 'klisye'..hahah seperti yang kamu blg...plg dokternya blg krn hormon...karena banyak makan berminyak...stres..and blabla...*padahal semua org juga tau penyebab timbulnya jrawat itu bs krn faktor apa2 aja *i mean itu ky udah umum...nah rata2 dokter kecantikan memang seperti itu *soalnya uda berpengalaman buanyak bgt dokter yang aku datangin dari yang harganya selangit sampai yang harganya terjangkau ^^...
plg yang bikin bagusnya itu ya produk dr dokter itu...*tapi balik lagii ada yang cocok ada yang ga cocok...

Nah sedikit sharing..bukan mau terlalu mengidolakan dokter kun sih...tapi aku udah ga pernah kedokter manapun lagi selain dokter kun untuk masalah jerawat ku...jadi so far yang aku liat memang ga ada yang merasa ga cocok di dokter ini sih...

kalau saran aku sihh...jangan terlalu banyak coba2 produk kosmetik...lebih baik lakukan hal yang tradisional2 aja...seperti masker kayu manis yang udah aku bahas di atas..atau kamu bisa coba masker kenanga kenanga + kunyit + air mawar *walalupun bunga kenanga itu biasa utk bunga tabur di kuburan TAPI itu berkhasiat buat jerawat dan memperbaiki texture kulit.. ^^ dan saran aku sebelum mau kedokter atau mau pakai produk....lebih baik perbanyak searching...cr tau dl bnr2 gmn khasiatnya ...jangan dari hanya 1 org saja...tp kalau bisa cr dr referensi2 yang lain, baru kamu bisa mencoba...
contohnya ky aku : pertama kali tau masker kayu manis itu dari tmnnya mama ku, ceritanya mama ku sih blg tmnnya itu jerawatan parah, pas rutin pakai masker itu walaupn sakit tp skrg mukanya mulus...nahh sblm kau mencoba..aku searching dl di google apa manfaatnya, apa dampaknya, gmna cara pakai, or bisa di campur dg apa2 saja supaya maksimal... #sepertiituhhh

so, semoga bermanfaat ^^

Unknown said...

kak, btw dr. kun itu di daerah mana? bisa share?

Unknown said...

Kak gimana cara buat masker kayu manis?

Unknown said...

jadi intinya airin itu gak begitu bagus buat yg masalah jerawatan gituya kak? aku baru mau nyoba airin soalnya hehe

Farah Saufika said...

Hallo Della : Nanti yahh pasti bakalan aku review soal cara buatnyah..soo keep on reading ^^

Hallo Ika Rahmamiati : Untuk skin care memang cocok2an yahh...tapi kebetulan aku nyoba airin untuk perawatan jerawatnya memang tidak sehebat punya Dr. Kun, mungkin berdasarkan aku baca review skincare airin selain jerawatnya ,mungkin patut di coba soalnya memang udah banyak sekali artis yang review tentang perawatan di airin ini ^^

Unknown said...

Mba aku juga pake airin tpi pas pemakaian 2 blan muka ku bersih jerawat juga sembuh tpi pas bulan ke tiga jerawt nongol terus sampe sekarang..menurut mba ini tanda ga cocok apah gimana yah..aku udah cape sama jerawat kemarin" aku seneng banget karena udah ada banyak perubahan tapi sekarang malah bingung musti ngapain..

Farah Saufika said...

Hii...aku ga bisa pastikan krimnya cocok atau tidak...tapi yang jelas kalau misalnya udah sempat sembuh trs nongol lagi...mending untuk jangka waktu tertentu diberhentikan saja, sebab...jerawat itu numbuhnya gampang banget, tp utk hilang sulit - apalagi untuk bekas...

baru - baru ini aku dapat pengalaman lagi sihh..yang jelas...maunya kt langsung konsul ke dokternya, karena dia yang perfectly tau harus digimanain,
terus juga ternyata pas aku ke body shop iseng2 mau coba2 lagi... ada cream vit. C nya, nah mbak di body shop sangat tidak menyarankan untuk muka yang berjerawat memakai jenis cream yang mengandung vit. C nya, sementara di Airin ada dikasi cream vit. C nya *yang aku browsing2 memang sih vit. C itu bsa mencerahkan dan menghilangkan noda spot yang ada di wajah kita. tp itu tidak baik utk kulit yang berjerawat, satu2nya vit. C yang dapat diterima oleh kulit yang berjerawat itu adalah vit. C dari buah lemon karena jenisnya beda dari vit. C yang ada pada jeruk, thats why kenapa *aku sendiri cocok dengn cream dari garnier, karena garnier mengandung lemon.

lalu info juga, dari dr.Kun, baru 4 bulan kmrn aku berhasil konsul sama dr. kun, dan ternyata dr. kun itu TIDAK menyarankan kita untuk pakai sabun Tea Tree, *pdhal kt tau tea tree itu bagus untuk jerawaat, tapi sama dokter Kun tidak diperbolehkan, karena zat crorofil yang terkandung didlmnya bikin jerawat semakin menjadi, ibaratkan seperti kita kasih makan daun ke ulat bulu.

dan kebetulan adikku yang sedang perawatan jerawat sama dokter lain di daerah memakai sabun tea tree dan alhasil mukanya juga ga sembuh2....

ini hanya info2 saja sih...sekali lagi kalau untuk skincare memang cocok2an...cocok di kulit si A tp blm tentu cocok dikulit si B...

Unknown said...

hy kak ak juga pernah pakai kun sama persis jerawat ku sama sperti km kak cuma beda ny merah mateng bgt ql keluar dr ruangan apalagi kena matahari..bagus ny pakai apa yah

Unknown said...

Mba terima kasih review2 nya, saya kebetulan menggunakan airin sejak desember akhir sampai sekarang (3.5 bln), hasilnya jerawat tetap muncul tiap hari, bruntusan jg muncul2 katanya purging makanya saya sabar2 aja, skrng kondisi muka jerawatan bahkan d tempat yg sebelumnya gak pernah jerawatan, hopeless tp sy bingung mau gmna lagi hehe kecuali sabar. Saya jg selalu pakai masker madu atau madu+kayu manis. Tapi yaaa tetep aja sih.

Mba kalau sehari hari setelah pakai garnier itu pakai bedak apa mba? Saya khawatirnya perawatan d bawah sinar matahari sy yg gak cocok makamya tmbul terus :(. Makasihhh mba

Farah Saufika said...

@zulfanahri elly hallo mba.... makasih udah membaca review2 ku, mmm kalau aku sarani jika sedang parah2nya mending hindari pakai bedak, tapi kalau urgent banget, bedak yang aku pakai itu ada 2 dari brand benefit yang hello flawless, atau ga dari bourjois healthy yang tempatnya warna merah mba.

oya untuk masker mungkin bisa coba juga bunga kenanga yang udah kuning, di petik2in mahkotanya lalu ditumbuh sama kunyit dan air mawar dipakai di bagian jerawatnya, itu juga sempat bisa mengurangi jerawatku dan memperbaiki texture kulit wajah, kalau kayu manis aku campurkan sama putih telur mba...

semoga bisa membantu..


@fikri ahmad kalau untuk merah2nya sbaiknya segera lapor kedokternyta saja mas, dan hindari matahari dan makan yang pedas2 ^^.

Mrs. Kharisma said...

Hai mba, salam kenal :)

Kasusku sama nih kyk yg dialamin mba zulfanahri elly.. pake airin sejak desember sampe sekarang, awalnya cocok, tp entah knp akhir maret malah keluar bruntus dijidat, jerawat kecil2 dipipi deket telinga kanan kiri pula :(

Mba, kalau air mawar beli dmn y? Katanya bisa mengurangi radang jg y? Oiya masker bunga kenanga dioleskan cuma untuk jerawat saja atau seluruh wajah y mba?

Unknown said...

Kk kl kri spesial II buat bopeng kh? Terus harganya berapa?

Farah Saufika said...

Mrs. Kharisma : Kalau air mawar biasa aku pakai dari latulip yang cairannya warna pink, dicampurkan dengan bunga kenanga yang warna kuning dan kunyit lalu ditumbuk halus, airnya secukupnya saja ya... aku sarani diolesin ke seluruh wajah karena itu bisa memperbaiki texture kulit juga, sebelum dipakai dicoba dulu sedikit, tktnya alergi or sensitive kulitnya.

Unknown said...

Salam kenal mbak ;)

Saya baru tahu kalau tea tree justru membuat jerawat malah makin banyak..krn lg make produk yg mengandung itu,heran aja makin bejibun :(
Boleh mnta id line gak mbak?sy dari kota palu di sulteng..

Unknown said...

Salut sama reviewnya jujur banget, untung baca blognya kaka jadi terpengarung untuk gk beli produk airin, sekarang kaka pake skincare apa? Klo mau ngilangin bekas jerawat n supaya jerawatnya gk tumbuh lgi. pake apa ya kak? Mohon sarannya kaka, makasih :)

Farah Saufika said...

@robi adawiyah : terimakasih sudah membaca reviewnya ^^,aku sesekali masih pakai Dr. kun jika tumbuh jerawat pas mau datang bulan, selain itu ga tumbuh jrawat lagi dan aku pakai skin care yang lain untuk supaya kulit wajah tidak kering , pori2 tidak besar atau beruntusan, karena sekarang lagi sering2nya makeup setiap hari. *untuk perawatan jerawatnya sendiri hanya dipakai pas datang bulan. sisanya aku memakai skin care dari korea, mulai dari sabun - toner - dan perawatan lainnya. Untuk menghilangkan bekas, biasanya aku cari produk yang bisa mencerahkan / menghilangkan spot bekas jerawat, ataauu bisa juga karena alami hilangnya ^^. *sebab aku sesekali maskeran (pakai glam glow yang putih or hitam, atau masker apa saja dari produk2 korea )

@wulandari kamu bisa langsung email aku di bagian contact us ^^